Setelah dinanti-nanti, Research In Motion (RIM) akhirnya merilis tipe baru BlackBerry yang diusung sebagai handset termurah dibandingkan tipe-tipe sebelumnya. BlackBerry tipe Curve 8520 ini sebelumnya banyak disebut dengan nama Gemini.

Konsumen pertama yang akan menikmati produk baru ini adalah di AS dan Inggris mulai awal Agustus 2009 nanti. Di AS, RIM menggandeng T-Mobile yang akan menawarkan harga tiap unit 129.99 dollar AS atau sekitar 1,3 juta perak dengan kontrak langganan dua tahun mulai 5 Agustus.

Banyak hal baru yang hadir di handset ini yang sempat beredar menjadi rumor akhirnya menjadi kenyataan. Misalnya, Curve 8520 merupakan produk pertama BlackBerry yang menggunakan trackpad optik sebagai alat navigasi untuk menggantikan trackball.

Selain itu, Curve 8520 menjadi produk pertama BlackBerry yang dilengkapi media keys di bagian atasnya sehingga akses musik dan video, seperti play, repeat, dan mute dapat dilakukan lebih mudah. Juga ada BlackBerry Media Sync yang memudahkan sinkronisasi dengan iTunes atau Windows Media Player. Selain itu juga ada aplikasi BlackBerry App World yang merupakan bursa aplikasi untuk BlackBerry.

Sekilas penampilannya tak jauh berbeda dengan pendahulunya, BlackBerry Curve 8900 (Javelin) dengan keyboard QWERTY. Namun, ada sedikit pengurangan pada Curve 8520 seperti kamera hanya 2 megapiksel, sedangkan pada Javelin 3,2 megapiksel.

Layarnya 2,64 inci TFT LCD 320X240 piksel. Ketebalannya hanya ,39 centimeter, panjang 10,9 cm dan lebar 6 cm. Beratnya 106 gram. Beberapa fiturnya juga setara belum mendukung 3G, baru GSM/GPRS/EDGE. WiFi dan Bluetooth tak ketinggalan. Curve 8520 menggunakan prosesor 52 MHz, memori internal 256 MB, dan mendukung slot memori eksternal microSD/SDHC dari 16 GB yang kini tersedia hingga generasi berikutnya 32 GB.

Segera Hadir di Indonesia

Bulan Agustus tinggal beberapa hari lagi. Di bulan tersebut, BlackBerry Curve 8520 sudah bisa dinikmati oleh para konsumen di Amerika dan Eropa. Namun bagaimana kita di Indonesia?

Jangan kuatir! Menurut RIM dalam rilis pers yang kami terima pagi ini, ponsel pintar yang murah itu juga akan dipasarkan di tanah air tak lama setelah peluncurannya di kedua benua di atas.

Bahkan RIM selaku produsen BlackBerry telah menunjuk tujuh perusahaan yang akan bertindak sebagai distributor dan importir resmi BlackBerry 8520 yang bernama kode Gemini ini. Ketujuhnya adalah Excelcomindo Pratama TBK, Erajaya Swasembada, Indosat Tbk, Indosat Mega Media, Malifax Indonesia, Natrindo Telepon (AXIS)??, dan ? PT Telekomunikasi Selular.

Apa sih keistimewaan si Gemini? Ponsel pintar ini punya trackpad, bukan trackball, juga media controls di sisi atas. Kamera 2 megapixel sudah ditanamkan, tetapi tanpa flash. Wi-Fi tersedia, tetapi tanpa fasilitas 3G. Sementara untuk memori, sudah terpasang 256MB. Berminat memilikinya? Nah bersabarlah sedikit menunggu kehadiran BlackBerry 8520 alias si Gemi