ANDA sudah mengatur pola diet dan berolahraga tetapi berat badan tak kunjung turun sesuai dengan keinginan? Perhatikan asupan yodium Anda. Mineral ini sangat penting dalam pembentukan hormon tiroid di kelenjar tiroid. Orang-orang yang mengalami kesulitan menurunkan berat badan meskipun telah menerapkan pola makan sehat dengan porsi kecil kemungkinan mengalami kekurangan yodium. Padahal, yodium merupakan mineral yaang sangat penting untuk menjaga kesehatan secara umum namun seringkali diabaikan.

Kekurangan yodium tidak hanya membuat Anda kesulitan menurunkan berat badan tetapi juga membuat rambut mudah patah, kulit kendur, kadar energi rendah, kesulitan beradaptasi dengan perubahan suhu lingkungan, sulit konsentrasi, konstipasi, depresi, dan keletihan kronis.

Kekurangan yodium biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti depresi, penambahan berat badan, melemahnya detak jantung, kulit dan rambut kusam, pembengkakan kaki, penurunan konsentrasi, kram otot, pembengkakan mata, dan rasa sakit kronis. Kelelahan merupakan gejala paling umum, ditandai dengan rasa ngantuk saat tidak melakukan aktivitas. Selain itu, bisa juga ditandai dengan hipersensitif terhadap dingin, atau tangan dan kaki dalam keadaan dingin.

Fungsi untuk tubuh

Kekurangan yodium akan menyebabkan perubahan kelenjar tiroid yang langsung memicu menurunnya fungsi metabolisme dan kekebalan tubuh. Kekurangan yodium akan membuat radikal bebas merusak kelenjar tiroid.

Yodium banyak terdapat pada ovarium dan jaringan payudara. Mineral ini berperan sebagai penahan efek stimulasi pertumbuhan dari estrogen dan sebagai pengatur metabolisme estrogen yang tepat. Yodium membantu fungsi reseptor hormon di seluruh tubuh, membuat hormon-hormon berkomunikasi dengan lebih efektif.

Selain itu, yodium juga sangat penting untuk perkembangan otak dan kemampuan kognitif. Studi-studi menunjukkan, yodium sangat berperan penting dalam pembentukan fungsi kognitif janin saat masih dalam kandungan. Ibu dengan asupan yodium cukup cenderung mempunyai anak dengan perkembangan otak yang lebih bagus.

Makanan

Untuk memastikan Anda mendapatkan asupan yodium yang cukup, ada baiknya menambah makanan yang kaya mineral ini seperti produk susu yang dihasilkan dari ternak, garam beryodium, makanan laut, ikan laut, rumput laut, dan kelp (sejenis tumbuhan laut yang besar). Selain itu, bisa juga ditemukan pada asparagus, bawang putih, kacang lima, jamur, biji wijen, bayam, dan labu.