Pernah dengar pesawat F-16 Fighting Falcon, F/A-22 Raptor, F/A-18 Hornet, V-22 Osprey atau C-130 Hercules, dll? Pesawat-pesawat tersebut tidak lain adalah pesawat militer Amerika Serikat. Pernahkah terpikir oleh anda apa arti dari “F/A”, “18″ dan “hornet” tersebut? mari kita bahas. Di lingkup militer AS, penamaan sebuah pesawat tidak berdasarkan dari nama pabrik atau produsen dari pesawat tersebut. Militer AS menamakan pesawat2 mereka berdasarkan fungsi dan jenis dari pesawat yang mereka gunakan, misalnya pesawat tempur paling mutakhir F/A-22 Raptor, F=fighter/A=attach yang artinya merupakan pesawat tempur dan serang (fighter&attack) 22=seri pesawat tempur dan “Raptor” merupakan nick atau julukan bagi pesawat tersebut, sedangkan produsennya sendiri adalah Lockheed Martin. artinya pesawat ini berupa pesawat tempur & serang tipe 22 bernama Raptor. contoh lain misalnya C-17 Globemaster III, C=Carrier/cargo 17=seri pesawat kargo Globemaster III=merupakan nick-nya, produsennya sendiri adalah Boeing. artinya pesawat angkut(carrier/cargo) seri 17 bernama Globemaster III. contoh tadi menunjukan bahwa huruf pertama merupakan jenis/fungsi pesawat, bagian kedua berupa angka yang menunjukan seri dari jenis tersebut dan selanjutnya diikuti nama/nick dari pesawat tersebut.

Ada juga penamaan yang lebih panjang dengan menyertakan jenis/fisik dari pesawat serta nama variannya. misalkan AH-64D Apache Longbow, A=attack H=heliocopter 64=seri D=indikator varian dan “apache longbow” merupakan nama julukannya. ini artinya pesawat ini berbentuk helikopter berfungsi penyerang dan varian ke-”D” bernama Apache longbow.contoh lainnya misalkan CV-22 osprey, merupakan pesawat angkut (”C”) dengan jenis pesawat yang dapat take off dan landing secara vertikal (”V”) seri 22 bernama osprey. untuk lebih jelasnya akan saya uraikan sebagai berikut:

Berdasarkan fungsinya:

A : Attack = serang darat
B : Bomber = pengebom
C : Carrier/Cargo = pengangkut pasukan atau logistik
E : Electronics = pesawat pembawa perangkat elektronik seperti radar dan senjata elektronik
F : Fighter = tempur
K (k=kerosene) :pesawat tanker pengisi bahan bakar di udara
O : Observation = pengamat
P : Patrol = pesawat patroli maritim
R: Reconnaissance = pengintai/mata-mata
T: training = pesawat latih
U : utility = pesawat pelengkap operasi
V : VIP = pesawat khusus untuk orang penting, pejabat atau presiden.
X : Experiment/research = pesawat ujicoba (biasanya kerjasama dengan NASA)
berdasarkan bentuk fisiknya (selain pesawat bersayap/konvensional):

G : Glider = pesawat terbang layang/tanpa mesin
H : Helicopter/rotor wings = helikopter atau pesawat sayap berputar
V : Vertical/short take off and landing = pesawat yang bisa mendarat secara vertikal
Z : Zeppelin = balon udara
jadi apabila anda suatu saat menemukan pesawat bernama KC-767, itu artinya pesawat tersebut berjenis tanker sekaligus kargo, atau tahukah anda nama asli dari pesawat Air Force One? namanya VC-25 yang artinya pesawat angkut/transport VIP. ada kalanya memang suatu pesawat berfungsi ganda sehingga mendapat penamaan dengan dua-tiga huruf di depan seperti RAH-66 (reconnaissance & attack helicopter-66) atau AC-130 (Attack cargo-130=varian hercules untuk transport sekaligus penyerang).

Berbeda dengan AS untuk pesawat tempur keluaran Rusia, penamaan pesawat berdasarkan inisial nama produsennya, seperti Sukhoi Su-27, Mikoyan Gurevich MiG-29 atau Antonov An-124. Lalu bagaimana membedakan jenis dari pesawat ini? dari Rusia-nya sendiri memang tidak menamakan/mengkategorikan secara resmi pesawat buatan mereka, namun pihak NATO biasanya memberi nickname untuk pesawat buatan rusia agar mudah dibedakan berdasarkan jenisnya. untuk pesawat tempur nickname selalu diawali dengan huruf F (maksudnya fighter), misalkan:

Sukhoi Su-17 Fitter
Sukhoi su-24 Fencer
Sukhoi Su-25 Frogfoot
Sukhoi Su-27 Flanker
Mikoyan Gurevich MiG-21 Fishbed
Mikoyan Gurevich MiG-25 Foxbat
Mikoyan Gurevich MiG-29 Fulcrum
Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound
dll.
Sedangkan untuk pesawat angkut/transport (carrier/cargo), nickname selalu diawali dengan huruf C, misalnya:

Antonov An-2 Colt
Antonov An-22 Cock
Antonov An-124 Condor
Ilyushin Il-76 Candid
dll.
untuk pesawat pengebom (bomber), nickname diawali dengan huruf B :

Tupolev Tu-160 Blackjack
Tupolev Tu-95 Bear
Tupolev-22 Backfire
Ilyushin Il-28 Beagle
dll.
Untuk helikopter, nickname menggunakan awalan H, misalnya:

Mil Mi-5 Hook
Mil Mi-28 Havoc
Kamov Ka-29 Helix
Kamov Ka-50 Hokum
dll.
Memang jika diperhatikan ada beberapa nickname yang terdengar lucu dan agak “maksa”, karena memang bukan diberi nama oleh produsen atau negara asalnya, melainkan oleh NATO yang jelas2 merupakan pihak barat (rival Rusia dan negara2 timur).

Sejauh ini itu yang saya tahu (dan saya ingat), sebenarnya masih banyak informasi yang belum saya sampikan disini mengenai penamaan pesawat militer, namun kemampuan serta ingatan saya baru sampai disana , semoga bermanfaat.